Produk Perawatan Tubuh Bisa Jadi Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab penyakit diabetes banyak macamnya. Salah satu penyebab penyakit diabetes melitus tersebut yang mungkin masih belum disadari adalah penggunaan produk-produk perawatan tubuh. Fakta ini sebenarnya sudah lama disadari oleh mereka yang sadar betul akan kesehatan. Selanjutnya beberapa penelitian pun mulai membuktikan adanya hubungan antara penggunaan produk tersebut dengan penyebab sakit diabetes.

Bukti Riset

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital berupaya mengetahui bahaya phthalates terhadap kesehatan. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang ditemukan dalam sebagian besar produk perawatan tubuh. Adanya senyawa inilah yang diyakini dapat menjadi penyebab diabetes.

Hasil penelitian yang dilakukan kemudian menunjukkan bahwa masuknya senyawa tersebut ke dalam tubuh akan dapat memicu gangguan pencernaan. Inilah nantinya yang dapat semakin meningkatkan resiko diabetes, baik diabetes melitus tipe 1 maupun tipe 2. Karenanya penggunaan produk-produk perawatan tersebut hendaknya mulai dibatasi agar dapat membantu pencegahan2 resiko diabetes. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat ketika sudah terserang penyakit tersebut, maka komplikasi dapat terjadi yang biasanya dikenal sebagai akibat penyakit diabetes.

Selain bahaya komplikasi diabetes, seseorang yang menderita diabetes nantinya juga perlu menjalani diet khusus. Meski diet khusus tersebut sebenarnya bertujuan cara menurunkan kadar gula darah dan menjaga kestabilan gula darahnya, sebagian besar penderita justru merasa tidak nyaman dengan pengaturan makan tersebut. Hal ini sangat wajar mengingat penderita nantinya harus menyesuaikan menu makannya dengan menu diet diabetes melitus. Sementara itu, makanan untuk penderita diabetes melitus yang ada dalam menu tersebut bisa jadi bukan makanan yang disukai. Inilah yang seringkali membuat penderita merasa tidak nyaman.

Hasil Penelitian

Penelitian yang dilakukan terhadap 2.350 wanita pengguna produk-produk perawatan menunjukkan bahwa ketika terdapat kadar phthalates yang sangat tinggi dalam urin, maka resiko diabetes merekapun meningkat. Resiko tersebut bahkan dapat meningkat dua kali lipat ketika yang terdapat dalam urin adalah senyawa mono-benzyl phthalate and mono-isobutyl phthalate.

Bapak Ibu

  

Resiko tersebut tentunya akan semakin berlipat ganda jika ditambah dengan adanya riwayat penderita diabetes dalam keluarga dan gaya hidup yang tidak sehat. Karenanya guna mengurangi resiko tersebut, maka akan lebih baik jika penggunaan produk perawatan tubuh dibatasi hanya untuk pemakaian yang dirasa perlu.

Dengan adanya pembatasan tersebut, maka kadar phthalate di dalam urin pun dapat berkurang, sehingga gangguan pencernaan yang mengarah pada penyakit diabetes pun nantinya dapat dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!