Puasa 8 Jam Bantu Cegah Perkembangan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan suatu kondisi, dimana ukuran gula darah normal mengalami lonjakan yang cukup drastis. Lonjakan gula darah yang terjadi tersebut biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu kerusakan sel beta pankreas dan resistensi insulin. Kedua penyebab ini kemudian digunakan sebagai dasar penamaan penyakit gula darah tersebut, sehingga nantinya muncul istilah diabetes mellitus tipe 1 dan 2.

Terlepas dari penyebab penyakit diabetes mellitus dan jenisnya, pemahaman akan bagaimana mencegah perkembangan penyakit gula darah tersebut juga perlu diperoleh. Jadi pemahaman nantinya tidak hanya terbatas pada penyebab penyakit diabetes melitus dan jenisnya saja, tetapi juga termasuk cara menghambat perkembangannya. Apalagi jika sudah diketahui bahwa penyakit gula darah tersebut dapat memicu timbulnya komplikasi seperti halnya ulkus diabetes melitus. Guna mengurangi resiko komplikasi tersebut, puasa dan obat herbal diabetes dapat dilakukan. Berikut ini bukti riset yang menunjukkan efektifitas puasa dalam hal mencegah komplikasi.

Bukti Riset Efektifitas Puasa 8 Jam

Penyakit DiabetesLonjakan gula darah merupakan gejala sakit diabetes yang muncul akibat gangguan metabolisme glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Sementara itu, gangguan metabolisme penyebab sakit diabetes tersebut merupakan akibat dari kerusakan sel beta pankreas dan/atau resistensi insulin yang dialami tubuh.

Jika lonjakan gula darah yang terjadi tersebut tidak segera ditangani dengan obat untuk penderita diabetes terbaik, maka komplikasi akan lebih cenderung terjadi. Guna mengurangi resiko munculnya komplikasi, maka sebuah penelitian kemudian dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek puasa 8 jam terhadap gula darah. tikus dengan jenis kelamin, usia dan gen yang sama kemudian digunakan sebagai obyek penelitian. Selanjutnya, tikus-tikus tersebut dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama memperoleh 60% kalorinya dari lemak, sedangkan kelompok kedua mengasup setengah dari kebutuhan kalorinya pada malam hari yang juga berasal dari lemak. Sementara pada siang hari, tikus-tikus pada kelompok kedua tersebut tidak mengkonsumsi apapun. Setelah 100 hari kemudian diketahui bahwa tikus pada kelompok pertama mengalami peningkatan berat badan, kolesterol, gula darah, kerusakan hati dan menurunnya kendali motorik.

Bapak Ibu

  

Sementara itu, tikus pada kelompok kedua mengalami peningkatan berat badan 28% lebih rendah dari peningkatan berat badan yang dialami tikus pada kelompok pertama, tanpa diikuti gangguan kesehatan lainnya. Hasil ini menunjukkan bahwa puasa 8 jam dapat mengurangi efek negatif konsumsi lemak. Karenanya kemudian para ahli menyimpulkan bahwa puasa 8 jam dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah berkembangnya penyakit diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!