Waspadai Gejala Penyakit Kencing Manis Berikut

Gejala penyakit kencing manis sangat banyak ragamnya. Namun umumnya gejala yang seringkali muncul meliputi sering buang air kecil, sering lapar dan haus serta penurunan berat badan yang sangat drastis dan secara tiba-tiba. Gejala penyakit kencing manis tersebut dianggap paling umum karena ia paling sering muncul dan kebanyakan sudah banyak dipahami. Berbeda dengan gejala sakit kencing manis berikut ini yang seringkali masih diabaikan. Padahal ia juga merupakan petunjuk adanya kelebihan gula dalam darah. Apa saja gejala tersebut? Berikut ini 3 diantaranya.

Kesemutan

Kesemutan merupakan gejala kencing manis yang juga dapat dialami oleh non-penderita diabetes. Hanya saja frekuensi munculnya gejala penyakit gula darah ini akan berbeda ketika terdapat kelebihan gula dalam darah. frekuensinya, dalam hal ini, akan semakin meningkat dan biasanya akan diikuti dengan rasa nyeri. Rasa nyeri yang timbul tersebut merupakan akibat dari aliran darah yang tidak lancar. Sementara penyebab aliran darah yang tidak lancar, salah satunya adalah adanya kelebihan karbohidrat gula dalam darah.

Dengan mengetahui bahwa kesemutan dapat menjadi salah satu gejala diabetes, maka akan lebih baik ketika gejala ini muncul segera melakukan pemeriksaan gula darah. Hal ini dilakukan agar nantinya gejala yang muncul tidak terus berkembang memicu munculnya komplikasi, baik komplikasi DM tipe 1 maupun komplikasi DM tipe 2. Inilah alasan mengapa nantinya pemahaman akan gejala diabetes dan pencegahannya harus benar-benar dipahami dengan baik.

Gatal Gatal

Gatal-gatal umumnya disebabkan oleh adanya infeksi jamur pada kulit, terutama daerah kulit yang kondisinya lembab. Namun siapa sangka ternyata gatal gatal juga merupakan gejala penyakit diabetes yang seringkali justru diabaikan. Perlu diingat bahwa ketika terjadi lonjakan gula darah yang cukup drastis, maka darah akan mengandung banyak sekali gula.

Gula atau glukosa inilah yang nantinya dapat semakin meningkatkan resiko berkembangnya jamur dan bakteri di area kulit, sehingga kemudian memicu terjadinya infeksi berupa rasa gatal. Selain itu, pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam tubuh juga hendaknya perlu diwaspadai sebagai salah satu penyebab DM tipe 1 pada anak.

Bapak Ibu

  

Stamina Menurun

Stamina yang menurun juga hendaknya selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala diabetes. hal ini sangat erat hubungannya dengan terjadinya lonjakan gula darah di dalam tubuh. lonjakan gula darah tersebut berarti bahwa glukosa dalam darah gagal diserap kembali oleh sel, sehingga ia tidak dapat diubah menjadi energi. akibatnya tubuh kekurangan energi yang akan digunakannya untuk melakukan aktifitas sel. Inilah alasan mengapa tubuh penderita diabetes akan menjadi sangat lemah dan mudah sekali capek.

Guna mencegah terjadinya lonjakan gula darah tersebut, maka sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang termasuk dalam faktor resiko diabetes melitus, yang meliputi konsumsi makanan instan, konsumsi gula berlebihan, kurangnya aktifitas fisik dan kebiasaan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!