Efek Buruk dari Kadar Gula Darah Tinggi dan Bahaya Komplikasinya

Setelah membahas mengenai apa saja masalah komplikasi akut maupun kronis yang bisa muncul akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi, andapun perlu mengetahui mengenai apa saja jenis penyakit yang dapat muncul akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Di sini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa saja jenis penyakit yang kebanyakan muncul ketika kadar gula di dalam darah terlalu tinggi dan sudah tidak dapat dikontrol lagi.

Efek Buruk Kadar Gula Darah Tinggi Selain Komplikasi

Selain bisa mengalami komplikasi, orang yang sering memiliki kadar gula darah terlalu tinggi juga beresiko menderita berbagai macam penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit berbahaya yang biasanya muncul akibat kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi:

  1. Sangat Rawan Mengalami Stroke

Seseorang yang sudah terlalu sering memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi akan sangat beresiko mengalami stroke.

Kadar gula darah tinggi memang dinyatakan sebagai penyebab stroke nomor dua setelah tekanan darah tinggi. namun demikian, kadar gula darah yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Karena itulah, sebenarnya kadar gula darah tinggi bisa dikatakan sebagai faktor penyebab stroke nomor satu.

Faktor yang Meningkatkan Seseorang Mengalami Stroke

Ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan faktor seseorang untuk mengalami stroke selain memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Berikut adalah beberapa faktor lain tersebut:

  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  • Kurang berolahraga.
  • Sering merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Tekanan darah tinggi.

Benarkah Kadar Gula Darah Tinggi Berhubungan Erat Dengan Stroke?

Stroke memang dinyatakan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kadar gula darah tinggi. Hasil penelitian telah menemukan bukti bahwa seseorang yang memiliki kadar gula darah melebihi 200 mg/dl akan memiliki resiko 25% lebih besar untuk menderita stroke.

  1. Rawan Mengalami Masalah Borok di Bagian Kaki

Seseorang yang memiliki kadar gula darah terlalu tinggi juga sangat beresiko mengalami masalah borok terutama di bagian kaki.

Masalah borok di bagian kaki tersebut biasanya muncul dalam bentuk seperti kawah. Hal tersebut bisa terjadi karena lapisan kulit atau lapisan lendir mengalami kerusakan akibat kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi.

Resiko Terburuk dari Masalah Borok di Bagian Kaki

Masalah borok di bagian kaki jelas tidak bisa diremehkan begitu saja. Jika tidak diatasi secara tepat dan cepat, masalah borok biasanya akan berkembang menjadi ganggren. Jika sudah berubah menjadi ganggren, maka sel kulit sudah mati dan hal tersebut akan memicu pembusukan.

Jika sudah sampai mengalami pembusukan, maka solusi satu-satunya untuk mencegah penyebaran pembusukan adalah dengan cara melakukan amputasi pada bagian tubuh tersebut.

Pada umumnya, penderita diabetes melitus kerap mengalami masalah borok dan terlambat mengatasinya akibat kerusakan pada sistem sensorik. Kerusakan sistem sensor tersebut membuat penderita DM sudah tidak dapat merasakan rasa sakit di bagian kakinya.

Karena itulah, mereka sering terlambat mengatasi masalah borok dan baru menyadari setelah sudah terjadi pembusukan di bagian kakinya.

  1. Rawan Mengalami Masalah Seksual

Penderita diabetes melitus yang sering memiliki kadar gula darah terlalu tinggi juga sangat rawan mengalami masalah seksual. Berikut adalah beberapa masalah seksual yang umumnya dialami oleh penderita DM pria:

  • Mengalami impotensi

Kehilangan kemampuan untuk ereksi adalah masalah seksual pertama yang umum dialami oleh penderita diabetes melitus.

Penyebab terjadinya impotensi tersebut adalah akibat dari penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh. Karena banyak pembuluh darah yang mengalami penyempitan, maka aliran darah yang menuju ke organ intimpun menjadi berkurang dan organ intimpun tidak dapat lagi mengalami ereksi.

  • Tubuh merasa tidak nyaman

Karena penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang merusak berbagai macam fungsi dari organ penting di dalam tubuh, maka penderitanya juga akan jauh lebih sering merasakan tubuhnya kurang nyaman.

Sebagai akibatnya, penderita DMpun tidak lagi memiliki hasrat untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan lagi.

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur juga sering terjadi pada penderita diabetes melitus. Infeksi jamur tersebut biasanya muncul di ujung alat kelamin. Efek dari kemunculan infeksi jamur tersebut akan membuat penderita merasa kesakitan atau tidak nyaman selama melakukan hubungan seksual dengan pasangannya.

Solusi Mengatasi Masalah Seksual Akibat Kadar Gula Darah Tinggi

Untuk mengatasi masalah seksual yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi tersebut biasanya dokter akan mengajukan pertanyaan untuk mencari tau apakah faktor penyebabnya masalah psikis atau fisik.

Dokter akan memberikan obat-obatan medis jika memang ada faktor fisik yang menyebabkan terjadinya penurunan fungsi seksual.

POS, Masalah Seksual Wanita Akibat Kadar Gula Darah Tinggi

Masalah seksual akibat kadar gula darah terlalu tinggi tidak hanya bisa dialami oleh penderita diabetes melitus pria saja. Penderita diabetes melitus wanitapun bisa mengalami masalah seksual.

Masalah seksual yang dialami oleh diabetesi wanita sering disebut dengan POS atau polycystic ovarian syndrome. Gejala wanita yang mengalami masalah POS tersebut adalah seperti:

  • Kesulitan dan bahkan tidak bisa hamil.
  • Tidak terjadi pengeluaran sel telur.
  • Tidak mengalami menstruasi.
  • Tumbuh rambut di beberapa bagian seperti layaknya pria.

Selain POS, wanita yang memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi juga bisa mengalami infeksi jamur di bagian alat kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!