Ini Dia 6 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Diabetes

StopDiabetesDiabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan komplikasi kronis jika tidak ditangani secara baik. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang cukup ditakuti oleh masyarakat. Pasalnya, diabetes tidak dapat disembuhkan dengan cara yang mudah. Membutuhkan pengobatan herbal diabetes melitus / terapi khusus yang cukup rumit untuk para penderitanya jika ingin sembuh total. Dan diperlukan tekad serta kemauan yang besar dari penderita jika ingin benar-benar sembuh.

Diabetes atau biasa dikenal dengan kencing manis merupakan penyakit dimana gula dalam darah mengalami peningkatan yang tidak terkontrol. Naiknya gula darah dalam tubuh ini menghambat kinerja tubuh untuk memproduksi energi. Tubuh kekurangan insulin di pankreas yang berfungsi untuk mengubah glukosa dalam tubuh menjadi energi. Akibatnya, tubuh pun lemas dan tidak bertenaga karena makanan yang masuk tidak dapat diolah menjadi energi.

Menambah makanan ke dalam tubun tidak bisa dilakukan karena dikhawatirkan dapat membuat penumpukan glukosa dalam tubuh yang berakibat buruk bagi jantung dan ginjal. Serba salah memang seseorang yang sudah terkena penyakit ini, karena salah langkah sedikit saja, diabetes akan membahayakan tubuhnya.

Penyebab diabetes

Diabetes disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor keturunan dan faktor makanan. Faktor keturunan maksudnya, seseorang yang memiliki keturunan diabetes dari keluarganya, akan beresiko 6 kali lipat mengidap diabetes dibandingkan seseorang yang tidak memiliki warisa diabetes. Oleh karena itu, jika seseorang tahu bahwa ada keturunan diabetes dalam keluarganya, sebaiknya segera hati-hati dan waspada.
Sedangkan faktor makanan yang juga menjadi penyebab diabetes adalah pola makan yang buruk dan tidak sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, bergula tinggi, dan berpengawet mengakibatkan terjadinya penumpukan glukosa dalam tubuh sehingga diabetes pun terjadi. Kurangnya olaharaga yang cukup juga mempengaruhi datangnya penyakit ini.

Cara mencegah diabetes

Mengingat betapa sulitnya mengatasi penyakit ini dan dampaknya bagi masa depan, sebaiknya Anda pun mulai melakukan segala cara agar tidak terjangkit penyakit ini. Seperti slogan mencegah lebih baik dariipada mengobati, cara-cara di bawah ini bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit diabetes.

Bapak Ibu

  

1. Mengurangi makanan manis dan bergula

Makanan manis dan bergula tinggi menjadi faktor pemicu tertinggi dari diabetes, maka tak ada cara lain untuk mencegah penyakit ini dengan mengurangi makanan manis. Ganti makanan manis dan bergula dengan buah-bauahan agar glukosa tidak meningkat dalam tubuh.

2. Mengurangi makanan berlemak

Sama seperti makanan manis, makanan berlemak juga bisa memicu penyakit ini. Penumpukan lemak yang banyak bisa menyebabkan resistensi insulin. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan mengurangi lemak dalam jumlah berlebih.

3. Olahraga teratur

Banyak bergerak dapat membuat tubuh sehat dan kuat. Diabetes pun bisa dihindari dengan cara ini. Lakukan olahraga teratur selama 3 kali dalam satu minggu agar terhindar dari diabetes.

4. Mengkonsumsi oat

Oat merupakan makanan yang bisa mencegah sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah. Pilih oat non instan agar tak mengandung gula buatan.

5. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar

Anda juga dapat mengkonsumsi sayur dan buah segar untuk mencegah diabetes. Sayuran segara seperti brokoli dan buah melon dipercaya mampu mencegah datangnya gula berlebih pada tubuh.

6. Menerapkan pola hidup sehat

Anda pun sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat sepanjang hari dan menghindari asap rokok serta polusi agar tak mudah terkena penyakit yang kronis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!