9 Jenis Resiko Penyakit Diabetes Melitus yang Sering Diremehkan

Setiap orang memang sangat beresiko untuk menderita penyakit DM jika dilihat langsung dari berbagai macam resiko penyakit diabetes sendiri.

Sayangnya, meskipun hampir setiap orang bisa menjadi penderita penyakit DM, kebanyakan orang masih sering kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Mungkin saja mayoritas orang masih beranggapan bahwa penyakit diabetes melitus hanya bisa menyerang orang-orang yang memiliki garis keturunan penderita DM saja.

Faktanya, tidak hanya mereka yang memiliki garis keturunan penderita DM yang bisa menderita penyakit tersebut.

9 Resiko Penyakit Diabetes Melitus yang Sebaiknya Jangan Diremehkan

Bapak Ibu

  

Memang benar bahwa setiap orang memiliki resiko yang sama untuk menderita penyakit diabetes melitus. Berikut merupakan bukti bahwa setiap orang yang hidup di jaman ini bisa menderita penyakit tersebut kapan saja:

  1. Banyak orang memiliki gaya hidup yang sangat buruk

Semakin lama, semakin banyak orang tidak memperhatikan lagi tentang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang lebih memilih makanan yang memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan makanan yang bernutrisi.

resiko penyakit diabetesPadahal, makanan yang rasanya enak belum tentu memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Justru kebanyakan makanan nikmat sarat dengan kandungan bahan-bahan berbahaya yang dapat menurunkan kesehatan tubuh.

Selain dari segi makanan, orang jaman sekarang juga sangat kurang melakukan olahraga, sering tidur larut malam, dan juga sering mengalami stress berat akibat pekerjaan.

  1. Banyak orang memiliki berat badan berlebih

Akibat dari pemilihan menu makanan yang tidak sehat dan juga kurangnya berolahraga, maka akibatnya tubuh menjadi kelebihan berat badan.

Padahal, orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas sangatlah rawan untuk menderita penyakit diabetes melitus. Karena memang obesitas merupakan salah satu resiko penyakit diabetes melitus yang paling utama khususnya penyakit DM tipe 2.

  1. Orang yang memiliki kondisi metabolic syndrome

Saat ini juga semakin banyak ditemukan orang-orang yang memiliki kondisi metabolic syndrome. Kondisi tersebut juga termasuk sebagai salah satu resiko penyakit diabetes melitus yang perlu diwaspadai.

Ciri-ciri orang yang memiliki kondisi metabolic syndrome adalah seperti:

  • Tekanan darah 160/90 mmHg
  • Trigliserida 150 mg/dl
  • HDL kurang dari 40 mg/dl
  • Lingkar pinggang lebih dari 120 cm untuk pria dan 88 cm untuk wanita
  • Menderita penyakit lain
  1. Orang yang sudah terlebih dahulu menderita penyakit lain

Orang-orang yang sudah terlebih dahulu menderita penyakit seperti penyakit jantung, penyakit tekanan darah tinggi, dan pernah mengalami stroke juga sangat berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus.

  1. Orang yang sudah berusia lanjut

resiko penyakit diabetes melitusOrang-orang yang sudah berusia lanjut melebihi 40 tahun memang dinyatakan sangat beresiko menderita penyakit DM tipe 2 terutama jika di masa mudanya tidak pernah menjaga kesehatan tubuh dan menjaga pola makan.

  1. Orang yang mengalami infeksi pada organ pankreas

Orang yang pernah mengalami infeksi pada organ pankreas juga sangat rentan menderita penyakit diabetes melitus. Karena kemungkinan besar organ pankreas yang mengalami infeksi akan menurun fungsinya dalam memproduksi hormon insulin.

  1. Wanita yang pernah menderita DM gestasional semasa hamil

Bagi para wanita yang pernah menderita DM gestasional semasa hamil juga perlu waspada. Karena pernah menderita penyakit DM gestasional juga dapat memicu kemunculan penyakit DM tipe 2.

  1. Orang yang memang memiliki garis keturunan penderita DM

Orang yang memiliki garis keturunan penderita diabetes juga harus waspada. Karena garis keturunan juga termasuk sebagai resiko penyakit diabetes melitus terutama penyakit DM tipe 1.

  1. Orang dari ras-ras tertentu

Ras juga menjadi salah satu resiko penyakit diabetes melitus. Karena penelitian memang sudah membuktikan bahwa ada beberapa ras yang cenderung lebih mudah menderita penyakit DM.

Ras-ras yang cenderung mudah menderita penyakit DM adalah seperti Hispanik, Afrika, dan Asia. Selain itu, orang-orang yang mendiami kepulauan di sekitar pasifik juga lebih mudah menderita penyakit DM.

Apakah Orang Indonesia Beresiko Menderita Penyakit Diabetes?

Melihat dari 9 resiko penyakit diabetes melitus yang sudah dijelaskan di atas, ras menjadi salah satu resikonya.

Lalu apakah kita sebagai orang Indonesia juga termasuk sebagai ras yang rawan menderita penyakit DM?

Orang Indonesia termasuk sebagai ras Asia. Oleh karena itu, kita sebagai orang Indonesia juga termasuk kedalam ras yang berpotensi menjadi penderita diabetes melitus.

Jika Memang Saya Beresiko Menderita DM, Lalu Apa yang Harus Saya Lakukan Untuk Mencegahnya?

Meskipun kita memiliki banyak faktor resiko penyakit diabetes melitus, namun sebenarnya kita masih bisa mencegahnya.

Bagi anda yang ingin mencegahnya, mulailah fokus pada beberapa faktor resiko penyakit diabetes melitus yang masih bisa diminimalkan seperti faktor kebiasaan hidup dengan pola yang buruk, faktor obesitas, dan faktor kurang olahraga.

Dengan meminimalkan faktor-faktor tersebut, sebenarnya kita sudah bisa mencegah penyakit diabetes melitus. Namun memang untuk melakukan pencegahan sangat dibutuhkan kedisiplinan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!