Mengenal Akibat Gula Darah Tinggi dan Faktor Penyebabnya

Apakah anda sudah menyadari bahwa akibat gula darah tinggi sangatlah berbahaya dan tidak boleh diremehkan begitu saja?

Sudah banyak orang yang menjadi korban karena meremehkan masalah peningkatan kadar gula darah tersebut. kami harapkan anda untuk tidak menjadi salah satu orang yang merasakan akibatnya tersebut.

Jika selama ini anda memang belum mengetahui apa saja akibat gula darah tinggi, maka sebaiknya anda mulai mempelajarinya.

Di sini kami akan membagikan informasi mengenai apa saja akibat gula darah tinggi tersebut. Pastikan untuk mempelajarinya dan mulai mencegahnya.

2 Masalah Besar yang Menjadi Akibat Gula Darah Tinggi

Tingginya kadar gula darah jelas tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena jika anda membiarkan masalah ini, maka akan muncul berbagai macam masalah lain yang jauh lebih berbahaya.

Ada 2 macam masalah besar yang akan anda hadapi jika anda tidak segera mengatasi masalah kadar gula darah tinggi tersebut. Berikut adalah 2 macam masalah besar yang kerap muncul sebagai akibat gula darah tinggi:

  • Terjadinya kerusakan pada beberapa organ penting di dalam tubuh

Akibat Gula Darah TinggiKadar gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa macam organ penting di dalam tubuh. Beberapa macam organ yang akan mengalami kerusakan akibat kadar gula tinggi tersebut adalah jantung dan juga ginjal.

Selain itu, andapun beresiko mengalami masalah pada penglihatan anda yang jika dibiarkan bisa berujung pada kebutaan permanen.

  • Munculnya penyakit diabetes melitus

Kadar gula darah tinggi merupakan satu penyebab munculnya penyakit diabetes melitus. Tentunya anda sudah mengetahui betapa berbahayanya penyakit diabetes melitus tersebut.

Penyakit ini merupakan penyakit pembunuh yang perlu diwaspadai. Kemungkinan besar anda tidak akan mengetahui apakah tubuh anda sudah terserang penyakit ini atau belum. Karena penyakit diabetes melitus adalah penyakit silent killer.

Mungkin saja anda baru menyadari ketika penyakit ini sudah pada stadium akhir. Hal tersebut jelas akan membuat anda kesulitan mengatasinya.

Faktor yang Dapat Menyebabkan Peningkatan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Mengetahui apa saja faktor yang dapat meningkatkan kadar gula darah tersebut sangatlah penting. Karena hal tersebut akan mempermudah mencegah masalah tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab peningkatan kadar gula di dalam darah:

  • Organ pankreas mengalami kerusakan

Kerusakan pada organ pankreas berhubungan erat dengan peningkatkan kadar gula di dalam darah. Karena dengan tidak mampunya organ pankreas memproduksi hormon insulin, maka glukosa tidak bisa disalurkan untuk dirubah menjadi energi.

Glukosa akan terus menumpuk di dalam darah. Jika hal ini dibiarkan, awalnya anda akan mengalami peningkatan kadar gula di dalam darah dan selanjutnya anda akan menderita penyakit diabetes melitus tipe 1.

  • Penumpukan lemak di dalam tubuh

Seseorang yang memiliki masalah obesitas juga sangat beresiko mengalami peningkatan kadar gula darah. Karena glukosa tidak dapat disalurkan secara maksimal.

Semua dikarenakan tumpukan lemak di dalam tubuh menutupi reseptor sel. Karena itu sel tidak dapat menerima glukosa. Glukosa terus menumpuk di dalam darah dan akhirnya kadar gula darahpun melonjak secara drastis.

Karena akibat gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam masalah yang jauh lebih berbahaya, maka mulai sekarang usahakan untuk mengurangi berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *