Siapa Saja yang Berisiko Menjadi Penderita Penyakit DM Menurut Faktor Resiko Diabetes Melitus?

Apakah anda sudah mengetahui dengan jelas mengenai apa saja faktor resiko diabetes melitus? Dengan mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat memicu penyakit diabetes melitus tersebut, anda akan semakin mengetahui tentang siapa saja yang berisiko menderita penyakit berbahaya tersebut.

Untuk anda yang tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus, kami sarankan anda untuk mulai mengetahui apa saja faktor pemicu penyakit diabetes melitus tersebut. Apa alasannya? Karena saat ini banyak sekali penderita penyakit diabetes melitus yang sudah tidak merasakan gejala apapun.

Karena itulah, mengetahui apa saja faktor resiko diabetes melitus merupakan satu-satunya jalan untuk mencegah penyakit tersebut secepat mungkin.

Faktor Resiko Diabetes Melitus

Berikut adalah beberapa macam faktor resiko diabetes melitus yang perlu anda waspadai dan juga perlu anda kurangi sebisa mungkin:

  • Keturunan

Faktor pertama yang membuat seseorang bisa menderita penyakit diabetes melitus adalah faktor keturunan. Jika anda memiliki silsilah keluarga yang menderita penyakit diabetes melitus, maka anda patut berhati-hati.

Karena anda juga beresiko menderita penyakit yang sama jika anda tidak menjaga kesehatan tubuh anda.

  • Ras

Beberapa ras tertentu seperti ras yang berada di benua Asia adalah ras yang paling rentan dengan penyakit diabetes melitus tipe 2.

Karena kita tidak bisa merubah ras kita, maka solusi satu-satunya adalah mulai hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rajin berolahraga.

  • Obesitas

Resiko DiabetesObesitas merupakan satu kondisi yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menjadi penderita penyakit DM. semua dikarenakan orang yang mengalami obesitas rentan mengalami masalah penumpukan lemak.

Penumpukan lemak akan mempersulit insulin menyebarkan glukosa ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh.

 

  • Menderita penyakit lain

Jika anda menderita penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan juga kolesterol maka anda perlu berhati-hati. Karena semua penyakit tersebut dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus.

  • Usia di atas 40 tahun

Usia lanjut memang adalah satu faktor resiko diabetes yang paling besar. Karena pada usia lebih dari 40 tahun, seseorang biasanya akan mulai merasakan penurunan berbagai macam fungsi organ tubuh.

Karena itulah, pada umur-umur itu kebanyakan orang menjadi lebih rentan dengan penyakit diabetes melitus. Sebaiknya, di usia lanjut anda tetap rajin berolahraga dan juga menjaga pola makan.

Dengan mengetahui apa saja faktor-faktor resiko diabetes melitus tersebut, tentunya anda tidak lagi kebingungan mengenai bagaimana cara mencegah penyakit DM. karena anda hanya perlu mengurangi berbagai macam faktor resiko tersebut dari dalam tubuh anda.

Pastikan untuk selalu rutin berolahraga dan menjaga pola makan anda. Karena sebenarnya itulah satu-satunya cara untuk terhindar dari penyakit diabetes melitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *