Apakah Efek Diabetes Melitus yang Tidak Ditangani Dengan Benar Dapat Merusak Organ Hati?

Penderita penyakit diabetes melitus hendaknya harus mulai lebih waspada lagi dengan berbagai macam efek diabetes melitus. Karena penelitian terbaru telah menemukan bahwa penyakit diabetes melitus yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Terjadinya kerusakan pada organ hati tersebut bersifat permanen dan juga dapat menyebabkan munculnya penyakit hepatitis.

Jika selama ini anda masih sering tidak disiplin menjaga kesehatan tubuh dan juga mengontrol kadar glukosa di dalam darah, maka berhati-hatilah karena masalah yang akan anda hadapi akan bertambah dengan adanya penemuan dari penelitian tersebut. Karena itu, sebaiknya mulai saat ini anda yang menderita penyakit diabetes melitus harus jauh lebih waspada dari biasanya. Mulailah dengan mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana kerusakan organ hati bisa diderita oleh penderita penyakit DM sebelum anda mempelajari cara mencegahnya.

Memahami Mengapa Efek Diabetes Melitus yang Tidak Diatasi Dengan Benar Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Organ Hati

Efek Diabetes MelitusMemang penyakit diabetes melitus sudah diketahui sebagai satu penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan organ-organ vital di dalam tubuh. Bukan hanya organ vital saja, namun fungsi beberapa saraf penting di dalam tubuhpun beresiko mengalami kerusakan akibat penyakit tersebut.

Salah satu efek diabetes melitus yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan organ hati mengalami kerusakan.

Hal tersebut dikarenakan organ hati harus bekerja sangat berat ketika kadar glukosa di dalam darah meningkat secara drastis. Organ hati yang terus menerus harus bekerja keras akhirnya akan mengalami kerusakan dan hal tersebut akan memicu penyakit hepatitis.

Kebanyakan penderita penyakit DM menderita penyakit hepatitis tipe B dan juga C. Namun mayoritas yang menderita penyakit hepatitis memang adalah mereka yang sudah menderita penyakit DM tipe 2 yang tidak mengontrol penyakitnya dengan benar.

Kerusakan pada organ hati dan juga kemunculan penyakit hepatitis B maupun C tersebut bisa terjadi karena adanya penumpukan lemak yang menutupi organ hati (fatty liver). Karena memang faktanya mayoritas penderita DM tipe 2 selalu memiliki masalah kelebihan berat badan.

Jika saat ini anda belum terlanjur menderita penyakit hepatitis maupun mengalami kerusakan pada organ hati, maka belum terlambat untuk mencegah efek diabetes melitus tersebut. Baca lebih lanjut cara pencegahannya di sini.

Tips Mencegah Kerusakan Organ Hati dan Munculnya Penyakit Hepatitis

Bagi anda yang saat ini masih belum terlanjur menderita penyakit hepatitis karena penyakit diabetes melitus yang anda derita, maka bersyukurlah karena anda masih memiliki kesempatan untuk mencegahnya.

Inilah beberapa tips pencegahan yang bisa anda gunakan untuk menangkal efek diabetes melitus tersebut:

  • Penderita penyakit diabetes melitus sebaiknya menjaga jarak dengan penderita penyakit hepatitis. Karena penyakit hepatitis bisa menular dengan mudah. Selain itu, penderita DM jauh lebih mudah tertular penyakit hepatitis.
  • Mulailah mengurangi berat badan jika memang anda memiliki masalah obesitas. Pastikan juga untuk memulai menggunakan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan setiap organ penting di dalam tubuh anda.

Dapatkan vaksinasi hepatitis untuk meningkatkan antibodi di dalam tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *