Pola Hidup Tidak Sehat, Faktor Penyebab Penyakit Gula Paling Besar Saat Ini

Masihkah anda berpikir bahwa penyebab penyakit gula hanya karena faktor keturunan saja? Hati-hati jika selama ini anda masih menganggap bahwa orang yang bisa menderita penyakit gula hanyalah mereka yang memiliki keturunan yang juga menderita penyakit gula saja.

Karena setelah diteliti lebih lanjut, penyakit gula atau diabetes melitus tidak hanya bisa diderita oleh mereka yang memiliki faktor genetik penderita penyakit DM saja. Bahkan menurut hasil penelitian tersebut dinyatakan bahwa faktor keturunan hanya memiliki persentase yang sangat kecil jika dibandingkan dengan faktor penyebab penyakit gula lainnya.

Penyebab Penyakit GulaFaktor penyebab penyakit gula yang justru memiliki persentase paling besar adalah gaya hidup yang tidak sehat. Yang lebih berbahaya lagi adalah mayoritas orang yang hidup di jaman sekarang lebih sering hidup dengan cara yang tidak sehat.

Karena itulah, hampir semua orang bisa menjadi penderita diabetes melitus jika mereka terus menerus hidup dengan pola yang tidak sehat.

Apa saja contoh pola hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus tersebut? Baca dan pelajari selengkapnya di artikel ini.

Contoh Pola Hidup Sehat yang Menjadi Penyebab Penyakit Gula

Berikut ini adalah beberapa contoh pola hidup tidak sehat yang dapat memperbesar kemungkinan anda untuk menjadi penderita diabetes melitus:

Sering kurang tidur

Sering kurang tidur merupakan contoh pola hidup yang tidak sehat. Karena ketika kebiasaan ini diteruskan, maka ada beberapa organ penting di dalam tubuh yang akan mengalami penurunan fungsi dan bahkan mengalami kegagalan fungsi.

Jika sampai organ pankreas yang mengalami masalah, maka produksi hormon insulin akan berkurang dan akibatnya kadar glukosa di dalam darah meningkat tak terkendali.

Sering meminum minuman bersoda

Penyebab Penyakit Gula DarahMinuman bersoda saat ini banyak digemari. Namun tahukah anda bahwa sering meminum minuman bersoda merupakan penyebab penyakit gula muncul?

Hal tersebut bisa terjadi karena mayoritas minuman bersoda menggunakan pemanis yang berbahaya. Pemanis tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan anda menjadi penderita diabetes melitus.

Kurang atau sama sekali tidak pernah berolahraga

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga agar tubuh anda selalu sehat. Bila anda kurang atau bahkan sudah tidak pernah berolahraga, maka berhati-hatilah. Karena orang yang kurang olahraga berpotensi mengalami masalah obesitas.

Obesitas bukanlah masalah remeh karena obesitas merupakan faktor penyebab penyakit gula paling besar saat ini.

Tips Hidup Sehat Untuk Menghindari Penyakit Diabetes Melitus

Anda masih memiliki kesempatan untuk menghindari penyakit diabetes melitus. Untuk bisa terhindari dari penyakit tersebut, mulailah mengatur pola hidup anda dan pastikan untuk mengurangi sebanyak mungkin faktor penyebab penyakit gula.

Ikutilah tips berikut ini jika anda tidak ingin merasakan penderitaan akibat penyakit diabetes melitus:

  • Rutinlah berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Mulailah untuk lebih banyak meminum air putih.
  • Kurangi atau ganti gula pasir dengan gula aren maupun gula stevia yang lebih aman.
  • Kontrol kadar gula darah anda secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!