Jenis Penyakit DM Selain Diabetes Mellitus Tipe 2

Penyakit DM memiliki berbagai macam jenis selain diabetes mellitus tipe 2. Jika mau ditanyakan mana jenis diabetes yang paling berbahaya, maka jawabannya adalah semua jenis penyakit diabetes melitus sangatlah berbahaya jika tidak diatasi dengan benar.

Akan tetapi, banyak orang yang masih belum mengetahui tentang berbagai macam jenis penyakit DM sendiri. Kebanyakan orang hanya memahami pengertian diabetes mellitus tipe 2 atau tipe 1 saja.

Kurangnya informasi mengenai jenis penyakit DM jelas akan membuat anda semakin sulit mengatasi dan juga mencegahnya. Karena itu, sebelum anda mulai mencari tau mengenai bagaimana cara mencegah penyakit DM, ketahui terlebih dahulu berbagai macam jenis penyakit DM selain diabetes mellitus tipe 2.

Apa yang Disebut Penyakit DM Tipe 1

Penyakit diabetes melitus yang paling umum diketahui oleh masyarakat adalah penyakit DM tipe 1. Mayoritas orang beranggapan bahwa semua orang yang menderita penyakit DM pasti menderita penyakit DM tipe 1 ini.

Bapak Ibu

  

Padahal hal tersebut tidaklah tepat. Karena penderita DM tipe 1 ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penderita diabetes mellitus tipe 2.

DM tipe 1 adalah penyakit yang disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada organ pankreas. Penderita DM tipe 1 sangat tergantung pada penggunaan suntikan insulin. Hal tersebut dikarenakan organ pankreas sudah tidak dapat lagi memproduksi hormon insulin.

Penyakit ini seringkali menyerang orang yang berusia anak-anak hingga remaja. Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit silent killer. Karena memang DM tipe 1 ini terkadang muncul secara tiba-tiba dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Pada umumnya, penderita diabetes melitus tipe 1 ini baru mengetahui bahwa dirinya sudah menderita penyakit DM setelah muncul berbagai macam komplikasi.

Jika hal tersebut sudah terjadi, penderita DM tipe 1 akan semakin sulit untuk mengatasi penyakit yang dideritanya dan selain itu, kemungkinan besar akan semakin besar penderitaan yang harus dialami.

Apa yang Disebut Dengan Diabetes Mellitus Tipe 2

Jenis penyakit diabetes melitus yang sebenarnya paling banyak diderita adalah penyakit diabetes mellitus tipe 2. Karena dari sekian banyak kasus penderita DM, mayoritas menderita penyakit DM tipe ini.

Penyakit ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga sel tubuh menurun kepekaannya dalam menerima glukosa yang dibawa oleh hormon insulin.

Jika keadaan tersebut terus dibiarkan, maka organ pankreas akan dipaksa memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang lebih banyak.

Akibatnya, organ pankreaspun dapat mengalami kerusakan dan penderitanya harus mengalami ketergantungan pada suntikan insulin.

Diabetes mellitus tipe 2 ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat ada atau tidaknya faktor garis keturunan penderita penyakit DM.

Mayoritas penderita DM tipe 2 ini adalah mereka pengguna pola hidup yang buruk. Contoh dari pola hidup yang buruk adalah seperti:

  • diabetes mellitus tipe 2Tidak mengatur pola makan atau makan sembarangan asal rasanya enak tanpa memikirkan makanan tersebut bernutrisi atau tidak.
  • Jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga.
  • Sering tidur larut malam dan mengalami stress berat akibat pekerjaan.
  • Kebiasaan merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Memiliki berat badan berlebih atau sering disebut dengan obesitas.

Apa yang Disebut Dengan Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional memang tidak sama terkenalnya seperti pengeritan diabetes mellitus tipe 2 maupun tipe 1.

Namun meskipun tidak cukup terkenal, DM gestasional ini sama berbahayanya dengan DM tipe lainnya. Penyakit DM tipe ini hanya bisa diderita oleh wanita pada masa kehamilannya.

Buruknya lagi, wanita yang sudah pernah menderita penyakit DM gestasional semasa kehamilannya juga akan sangat berpotensi menderita penyakit diabetes mellitus tipe 2 di kemudian hari jika pola hidup yang digunakan adalah pola hidup yang buruk.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi wanita hamil untuk selalu rutin melakukan cek kadar gula darah selama masa kehamilan terutama pada masa kehamilan minggu ke 8 hingga minggu ke 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!