Berbahayanya Pemberian Insulin Buatan Secara Asal-Asalan Pada Diabetesi

Awas jangan pernah bermain-main dengan pemberian insulin buatan pada penderita diabetes melitus. Karena suntikan insulin buatan yang diberikan secara asal-asalan bukannya membantu mengatasi penyakit diabetes melitus, justru hal tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai macam efek negatif.

Ya, memang selama ini banyak penderita diabetes melitus yang menganggap bahwa pemberian insulin tidak membutuhkan aturan apapun. Namun sebenarnya, pemberian insulin buatan harus dilakukan dengan penuh perhitungan.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda yang memang membutuhkan suntikan insulin terutama untuk membantu mengontrol penyakit diabetes yang anda derita, pergilah ke dokter untuk mendapatkan suntikan insulin.

Karena pemberian insulin harus pada waktu dan juga dosis yang tepat. Pemberian suntikan insulin pada waktu atau dosis yang tidak tepat akan menimbulkan hipoglikemia.

Masih belum percaya bahwa pemberian insulin yang diberikan secara asal-asalan dapat menyebabkan berbagai macam masalah? Pelajari lebih lanjut apa saja efek negatifnya di artikel ini.

Macam Masalah yang Timbul Akibat Pemberian Insulin Secara Tidak Tepat

Anda yang selama ini sering membutuhkan suntikan insulin harus lebih waspada. Karena pemberian insulin yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai macam masalah seperti hipoglikemia yang terjadi akibat tubuh mulai melepas hormon-hormon. Selain itu, pemberian insulin yang tidak tepat juga akan membuat organ hati mengeluarkan gula yang disebut dengan glikogen.

Pemberian-InsulinApa saja efek negatif yang bisa dirasakan oleh penderita DM yang mendapatkan suntikan insulin pada waktu dan juga dosis yang salah tersebut? Inilah beberapa gejalanya:

  • Tubuh mulai berkeringat dingin dan terasa lembab.
  • Mulai terasa kesemutan di bagian bibir dan juga ujung jari.

 

  • Sulit untuk berbicara atau minimal tidak jelas ketika berbicara.
  • Palpitasi atau jantung mulai berdebar-debar.
  • Rasio detak jantung mulai meningkat.
  • Menjadi mudah tersinggung.
  • Mulai merasa gelisah.
  • Kepala mulai terasa sakit.
  • Penglihatan mulai kabur.
  • Kulit mulai berubah warna menjadi pucat.
  • Otot di dalam tubuh mulai merasa tegang.
  • Perut mulai terasa kelaparan.

Jika anda memang mulai merasakan beberapa gejala tersebut setelah pemberian insulin, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena mungkin saja yang anda alami adalah reaksi negatif dari kesalahan pemberian insulin.

Solusi Mencegah Terjadinya Reaksi Negatif Akibat Penyuntikan Insulin

Sebenarnya reaksi negatif akibat kesalahan pemberian insulin tersebut dapat dicegah. Jika anda tidak ingin mengalami efek negatif tersebut, maka sebaiknya jangan menyuntikkan insulin buatan sendiri jika memang anda belum mengetahui kapan dan berapa dosis insulin buatan yang tepat untuk disuntikkan.

Sebaiknya anda penderita DM yang membutuhkan suntikan insulin berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu atau akan lebih baik jika insulin buatan langsung disuntikkan oleh dokter.

Karena hal tersebut akan semakin memperkecil munculnya efek negatif akibat kesalahan dari pemberian insulin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *