Bisakah Efek Penyakit Diabetes Menyebabkan Masalah Seksual Pada Wanita?

Selama ini memang efek penyakit diabetes tampak lebih sering diderita oleh diabetesi pria. Namun sebenarnya, wanita yang menderita penyakit diabetes melitus juga dapat mengalami berbagai macam masalah serius jika tidak bisa mengontrol penyakit yang dideritanya.

Salah satu efek penyakit diabetes yang bisa dialami oleh diabetesi wanita adalah penurunan fungsi seksual. Mungkin saja anda masih meremehkan masalah tersebut. Namun apakah anda masih bisa meremehkannya bila dari masalah tersebut dapat membuat anda kesulitan memiliki keturunan?

Ya, memang penyakit diabetes melitus bisa menyebabkan seorang wanita kesulitan memiliki keturunan. Apa yang menyebabkan diabetesi wanita beresiko mengalami kesulitan memiliki keturunan? Jika anda ingin mengetahui alasannya, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di sini.

Kondisi Polycystic Ovarian Syndrome, Efek Penyakit Diabetes Pada Wanita

Memang benar bahwa seorang diabetesi wanita bisa saja mengalami kesulitan memiliki keturunan. Hal tersebut bisa terjadi ketika seorang diabetesi wanita mulai mengalami kondisi yang disebut Polycystic Ovarian Syndrome.

Seseorang yang sudah mengalami kondisi tersebut biasanya akan mulai merasakan beberapa macam gejala seperti:

  • Tidak mengalami ovulasi atau keluarnya sel telur dari ovarium.
  • Tidak mengalami haid cukup lama tanpa ada alasan yang jelas.
  • Tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh yang tidak sewajarnya.
  • Kesulitan memiliki keturunan bila kondisi sudah sangat parah.

Efek Penyakit DiabetesSetelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata kondisi POS yang bisa muncul sebagai efek penyakit diabetes tersebut memiliki kaitan dengan beberapa macam hal. Berikut adalah beberapa hal yang dipercaya memiliki kaitan erat dengan kemunculan kondisi POS tersebut:

  • Resistensi insulin
  • Intoleransi glukosa
  • Obesitas

Apakah seseorang diabetesi wanita yang terlanjur mengalami kondisi POS tersebut masih bisa diatasi? diabetesi wanita yang sudah terlanjur mengalami kondisi Polycystic Ovarian Syndrome tersebut sebenarnya masih bisa diatasi.

Ada beberapa penanganan yang bisa membantu mengurangi dan bahkan mengatasi masalah fungsi seksual pada diabetesi wanita tersebut.

Cara Mengatasi Kemunculan Kondisi POS Pada Diabetesi Wanita

Bila memang saat ini anda sudah positif mengalami kondisi POS tersebut dilihat dari gejala-gejala yang sering anda alami, maka sebaiknya anda mulai melakukan beberapa tindakan penanganan yang tepat berikut ini:

  • Penanganan pertama yang wajib anda lakukan adalah mulai lebih ketat mengontrol kadar gula di dalam darah.
  • Selain itu, pastikan juga untuk menjaga agar jangan sampai anda mengalami kelebihan berat badan. Karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan resistensi insulin dan juga intoleransi glukosa.
  • Selanjutnya, cegah kemunculan infeksi jamur. Biasanya infeksi jamur sering muncul pada organ seksual penderita penyakit DM.

Dengan disiplin melakukan semua tindakan penanganan tersebut, maka anda minimal bisa mengurangi masalah seksual yang muncul sebagai efek penyakit diabetes melitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!