Dampak Diabetes Melitus Sangat Rawan Menyebabkan Penyakit Glaukoma

Semakin lama, semakin banyak dampak diabetes melitus yang dapat merugikan penderitanya. Penyakit diabetes melitus atau lebih dikenal dengan kencing manis tersebut juga dapat mengganggu fungsi dari organ mata.

Bahkan, jika tidak diatasi secara tepat, penyakit tersebut juga dapat menyebabkan munculnya penyakit glaukoma. Penyakit glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang muncul karena terjadinya kerusakan pada organ mata.

Glaukoma bukanlah penyakit mata biasa. Penyakit ini bisa saja menyebabkan kebutaan bila tidak segera diatasi. Cukup banyak penderita penyakit diabetes yang sudah terlanjur kehilangan penglihatan karena penyakit glaukoma tersebut.

Kami harapkan, anda tidak menjadi korban berikutnya dari dampak diabetes melitus tersebut. jika saat ini anda sudah menderita penyakit diabetes melitus cukup lama, maka sebaiknya anda mengetahui bagaimana mencegah agar jangan sampai penyakit glaukoma tersebut muncul. Pelajari cara pencegahan penyakit glaukoma tersebut lebih lanjut di sini.

Faktor-Faktor yang Dapat Meningkatkan Kemunculan Penyakit Glaukoma

Untuk anda yang ingin mencegah munculnya penyakit glaukoma yang biasanya muncul sebagai dampak diabetes melitus, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai beberapa faktor pemicunya.

Seorang penderita penyakit diabetes melitus akan sangat beresiko menderita penyakit glaukoma jika memiliki beberapa faktor berikut ini:

  • Sudah cukup lama menderita penyakit diabetes melitus

Apakah anda sudah menderita penyakit diabetes melitus lebih dari 15 tahun? Jika anda sudah menderita penyakit diabetes melitus cukup lama yaitu kurang lebih 15 tahun, maka kemungkinan besar anda berpotensi menderita berbagai macam dampak diabetes seperti salah satunya penyakit glaukoma.

Dampak Diabetes

  • Kadar glukosa sering melonjak tak terkendali

Seorang penderita penyakit diabetes melitus juga akan semakin rentan menderita penyakit glaukoma jika mereka tidak mampu mengontrol kadar gula darahnya. Karena memang peningkatan kadar glukosa darah sangat erat hubungannya dengan kerusakan organ mata.

  • Menderita penyakit diabetes melitus tipe 2

Memang benar bahwa hampir seluruh penderita penyakit diabetes melitus bisa menderita penyakit glaukoma. Namun demikian, penderita diabetes melitus tipe 2 jauh lebih rentan menderita penyakit ini.

Cara Mencegah Penyakit Glaukoma yang Muncul Sebagai Dampak Diabetes

Selain mengurangi berbagai macam faktor tersebut, ada beberapa cara untuk mencegah munculnya penyakit glaukoma.

Untuk mencegah penyakit glaukoma yang muncul sebagai dampak diabetes tersebut, sebaiknya anda mulai melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

  • Mulai rutin memeriksa kesehatan mata minimal 1 tahun sekali di dokter mata.
  • Sebaiknya, bila anda mulai merasakan adanya penurunan penglihatan, segera konsultasikan masalah tersebut dengan dokter mata. Karena kemungkinan besar anda sudah menderita penyakit mata serius jika mulai merasakan penurunan penglihatan.

Jika anda bisa rutin melakukan semua tindakan pencegahan tersebut, maka anda memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk dapat mencegah kemunculan penyakit glaukoma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *