Mengapa DM Tipe 2 Merupakan Penyakit yang Mengerikan

Diabetes melitus tipe 2 atau juga sering disebut dengan DM tipe 2 bukanlah penyakit ringan. Penyakit ini tergolong dalam salah satu penyakit berbahaya yang lebih baik dicegah daripada mengatasinya.

Meskipun penyakit ini masih bisa diatasi, namun faktanya masih banyak orang yang kehilangan nyawa karena penyakit ini.

Apakah selama ini anda menganggap penyakit DM tipe 2 ini merupakan penyakit yang tidak terlalu mengerikan? Jika anda memang pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang tidak terlalu berbahaya, maka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu artikel ini.

Penyebab Penyakit DM Tipe 2

Sebelum anda menganggap penyakit DM tipe 2 ini adalah penyakit yang tidak terlalu berbahaya ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab penyakit ini.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 muncul karena hormon insulin tidak dapat berfungsi seperti semestinya. Fungsi dari hormon insulin adalah menyalurkan glukosa ke setiap sel yang ada di dalam tubuh.

Oleh karena hormon insulin tidak dapat maksimal atau sama sekali menyalurkan glukosa maka glukosa menumpuk di dalam darah. Semakin lama kadar gula dalam darah semakin meningkat.

Banyak hal yang bisa menyebabkan hormon insulin tidak bisa menyalurkan glukosa. Salah satu penyebabnya adalah karena sel-sel reseptor yang menerima glukosa tertutup oleh lemak.

Jika saat ini anda memiliki masalah kelebihan berat badan anda perlu berhati-hati. Karena obesitas merupakan satu hal yang dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus tipe 2 ini.

Perlu anda ketahui juga bahwa penanganan penyakit diabetes melitus tipe 2 ini sangat berbeda dengan penyakit diabetes melitus tipe 1. Penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 tidak membutuhkan suntik hormon insulin.

Karena penderita diabetes melitus tipe 2 tidak mengalami masalah pada organ pankreasnya. Penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 ini hanya membutuhkan obat untuk mengembalikan fungsi hormon insulin seperti semula lagi.

Apa yang Membuat Diabetes Melitus Tipe 2 Perlu Diwaspadai

Jika dilihat memang tampaknya penyakit DM tipe 2 ini tidaklah separah penyakit DM tipe 1. Namun demikian anda tetap harus mewaspadai penyakit ini.

Apa yang membuat diabetes melitus tipe 2 ini sangat perlu diwaspadai? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penyakit ini tidak layak untuk diremehkan:

  • DM Tipe 2Dari sekian banyak penderita penyakit diabetes melitus, 90-95% nya menderita penyakit diabetes melitus tipe 2.
  • Meskipun tampaknya mudah mengatasi penyakit ini namun tidak sedikit orang yang telah kehilangan nyawa karena diabetes melitus tipe 2 ini.
  • Penyakit diabetes melitus tipe 2 memang lebih banyak menyerang orang yang berumur lebih dari 40 tahun dan juga orang yang memiliki masalah obesitas. Namun akhir-akhir ini penyakit diabetes melitus tipe 2 mulai menyerang orang berumur 20 tahunan.

Melihat fakta bahwa penyakit DM tipe 2 sangat berbahaya maka sebaiknya anda mulai mencegahnya dari sekarang. Jika sudah terlanjur menderita penyakit ini mulailah mendisiplinkan diri untuk meminum obat yang tepat dan juga mengatur pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *