Begini Cara Mengobati Penyakit Diabetes Secara Alami

diabetes alamiDiabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, pasalnya penyakit ini bisa berdampak buruk jika tidak dilakukan penanganan secara baik. Diabetes atau kencing manis yang sudah akut bisa membahyakan jantung dan ginjal serta mengakibatkan komplikasi. Meskipun demikian, penyakit ini pun sulit dicegah datangnya karena gaya hidup yang kuarng sehat sudah melekat pada kebanyakan orang dan menjadi lifestyle.

Diabetes ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah yang mengakibatkan tubuh kekurangan insulin. Insulin yang seharusnya ada dalam pankreas digunakan untuk mengolah energi pun tak berfungsi seabagaimana mestinya. Jika hal ini berlangsung terus menerus, tubuh akan lemas, letih dan tak bertenaga.

Faktor penyebab diabetes

Diabetes dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, dan anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain.

1. Faktor keturunan

Pemicu utama munculnya diabetes adalah fator keturunan, dan jika hal ini terjadi maka tidak bisa dilakukan pencegahan. Faktanya, seseorang yang memiliki garis keturunan diabetes akan mengalami hal yang sama dengan kemungkinan 6 kali lipat.


2. Faktor makanan

Selain keturunan, makanan pun menjadi pemicu munculnya diabetes. Makanan manis bergula tinggi, berpengawat, dan instan merupakan makanan yang memicu timbulnya diabetes. Dan penderita diabetes pun tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan tersebut jika telah divonis positif.

3. Obesitas

Obesitas atau kegemukan juga menjadi salah satu faktor penyebab diabetes. Lemak yang menumpuk pada orang obesitas dapat mengganggu kinerja insulin sehingga penimbunan gula pun terjadi.

4. Kurang olahraga

Selain ketiga faktor diatas, pola hidup yang kurang sehat seperti jarang olahraga juga menjadi penyebab diabetes. Pada orang yang kurang gerak, lemak pun akan terus menumpuk dan tidak diubah menjadi energi. Akibatnya, kinerja insulin pun ikut terganggu.

Cara mengatasi diabetes

Pada dasarnya, diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Diabetes yang sudah terlanjur menjadi penyakit pada seseorang akan terus melekat. Namun, gula darah yang terus menerus meningkat bisa dikendalikan dengan kontrol gula darah. Kontrol gula darah yang teratur bisa menjadi salah satu cara agar penyakit diabtes tidak membahayakan tubuh.

Suntik insulin dan obat-obatan juga bisa menjadi cara untuk mengatasi penyakit ini, namun sekali lagi, penyakit ini masih bisa kambuh kapan saja terutama jika penderita mengabaikan dan tidak mengontrol kadar gula.

Cara mengatasi diabetes secara alami

Selain dengan suntik insulin dan obat-obatan, diabetes dapat ditanggulangi dengan cara yang alami. Ini dia tips mengobati penyakit diabetes secara alami tanpa obat-obatan kimia.

1. Mengatasi diabetes dengan mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang dipercaya dapat meningkatkan jumlah insulin sehingga pankreas dapat bekerja lebih baik dalam mengubah glukosa menjadi energi. Caranya, ambil buah mengkudu lalu cuci hingga bersih. Potong menjadi dua bagian dan haluskan. Setelah halus, saring buah mengkudu tersebut. Hasil saringan buah mengkudu tersebut diminum sampai habis secara teratur. Lama kelamaan, kadar gula dalam darah akan berkurang secara berkala.

2. Mengatasi diabetes dengan pare

Pare juga merupakan bahan alami yang bisa dijadikan obat penyakit diabetes. Caranya, cukup ambil 200 gr pare lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, haluskan dan ambil airnya saja. Minum air saringan pare tersebut secara teratur maka lama kelamaan akan terlihat hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *