Bagaimana Cara Mengecek Gula Darah Sendiri?

Bagaimanakah cara mengecek gula darah sendiri? Ada banyak cara untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda. Pengecekan kadar gula darah memang wajib dilakukan oleh penderita diabetes melitus. Namun memang masih banyak dari mereka yang belum mengetahui cara untuk mengetahui kadar gula darah sendiri.

Kebanyakan penderita diabetes melitus melakukan pengecekan kadar gula darah di laboratorium. Memang pengecekan kadar gula darah di laboratorium adalah cara yang paling akurat. Namun demikian, jika anda penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 tentunya hal tersebut akan menguras waktu dan juga dana anda. Oleh sebab itu, kami akan menjabarkan mengenai cara mengecek gula darah sendiri di sini.

2 Macam Cara Mengecek Gula Darah Sendiri

Cara Mengecek Gula DarahAda 2 macam cara mengecek gula darah yang bisa anda lakukan sendiri. Dua macam cara tersebut adalah dengan menggunakan alat setrip dan juga meteran. Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana menggunakan masing-masing cara tersebut:

  • Pengetesan kadar gula darah menggunakan alat setrip

 

Untuk melakukan pengetesan kadar gula darah menggunakan alat setrip anda hanya perlu meletakkan setetes darah anda pada setrip. Pastikan untuk tidak menyentuh setrip yang mengandung senyawa kimia.

Tunggu beberapa saat sampai setrip berubah warna. Setelah setrip berubah warna anda hanya perlu mencocokkan warna yang ada di setrip dengan grafik warna standar. Metode ini cukup banyak digunakan untuk mengetahui kadar gula darah karena prosesnya yang cukup cepat dan juga mudah untuk dilakukan.

  • Pengetesan kadar gula darah menggunakan alat meteran

Selain alat setrip, anda juga bisa mengukur kadar gula darah dengan menggunakan alat meteran. Alat meteran ini tidak menunjukkan hasil pengukuran kadar gula darah dalam bentuk perubahan warna namun alat ini menunjukkan berapa kadar gula darah anda dalam bentuk angka.

Untuk mengukur kadar gula darah menggunakan alat meteran ini anda juga hanya perlu meletakkan setetes darah anda pada lembar uji yang disediakan bersamaan dengan alat meteran.

Setelah itu anda hanya perlu meletakkan lembar uji tersebut ke dalam alat meteran. Beberapa saat kemudian alat akan menunjukkan besaran kadar gula darah dalam bentuk angka.

Jika anda masih belum memahami benar cara penggunaan alat meteran untuk menguji kadar darah, anda bisa membaca instruksi yang selalu ada di dalam kemasan alat meteran yang anda miliki.

Memang kedua cara mengecek gula darah tersebut tidak seakurat pengecekan gula darah yang dilakukan di laboratorium. Namun demikian, dua cara mengecek gula darah tersebut adalah cara yang bisa membantu anda mengetahui berapa kadar gula darah anda dengan cepat dan juga mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *