Kenali Beberapa Kebiasaan Anda yang Menjadi Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi

Banyak orang masih belum yakin bahwa ada beberapa macam kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kadar gula darah tinggi. Mayoritas orang masih yakin bahwa penyakit diabetes melitus hanya bisa diderita oleh mereka yang memiliki faktor keturunan. Padahal, fakta membuktikan bahwa faktor penyebab kadar gula darah tinggi bukan hanya karena faktor keturunan saja.

Karena jika anda perhatikan secara seksama, mulai banyak orang menderita penyakit diabetes melitus yang tidak memiliki faktor keturunan sama sekali. Setelah dilakukan penelitian yang cukup lama, ternyata memang benar bahwa faktor keturunan bukanlah faktor penyebab penyakit DM yang paling tinggi.

Penyebab Kadar Gula Darah TinggiDari sekian banyak penderita diabetes melitus baru, hanya 5% hingga 10% yang menderita penyakit DM disebabkan oleh faktor keturunan. Ternyata kebanyakan orang berpotensi menderita penyakit diabetes melitus karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dan lebih parahnya, mayoritas orang jaman sekarang sudah terbiasa hidup dengan menggunakan pola buruk tersebut.

 

Penelitian menemukan beberapa macam kebiasaan buruk yang beresiko menjadi penyebab kadar gula darah tinggi. Untuk memastikan apakah anda berpotensi menderita penyakit diabet atau tidak, anda sebaiknya mempelajari apa saja kebiasaan buruk tersebut di artikel ini.

4 Kebiasaan Buruk yang Berpotensi Menjadi Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi adalah awal mula dari gejala kemunculan penyakit diabetes melitus. Ternyata memang ada beberapa macam kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Berikut adalah beberapa macam kebiasaan buruk yang sebaiknya mulai dihindari oleh anda yang tidak ingin menjalani hidup sebagai penderita diabetes melitus:

  • Terlalu sering meminum minuman manis dan juga minuman kemasan

Minum minuman manis memang boleh-boleh saja. Namun bukan berarti anda bisa menikmati minuman manis secara terus menerus.

Karena jika anda terlalu sering menikmati minuman manis dan juga minuman kemasan, maka kemungkinan besar kadar gula darah anda bisa meningkat.

Karena ada cukup banyak bahan pemanis yang ternyata sangat berbahaya jika digunakan secara terus menerus.

  • Sering mengalami stres berat

Anda sering mengalami stres berat akibat tekanan dari pekerjaan anda? Berhati-hatilah karena orang yang sering mengalami stres berat lebih berpotensi menjadi penderita diabetes melitus.

Karena ketika anda mengalami stres berat, di dalam tubuh akan terjadi masalah seperti ketidakseimbangan hormon. Karena memang produksi kortisol akan meningkat jika anda mengalami stres sedangkan produksi hormon lain menurun.

Jika sampai tubuh anda kekurangan hormon insulin, maka anda bisa mengalami masalah peningkatan kadar gula darah yang cukup drastis.

  • Terlalu sering menggunakan pil pencegah kehamilan

penyebab kadar gula darahPil pencegah kehamilan sebaiknya juga tidak dikonsumsi terlalu sering. Karena kandungan hormon estrogen dan progresteron yang ada di dalamnya dapat meningkatkan kadar gula darah jika terlalu banyak dikonsumsi.

  • Terlalu jarang berolahraga

Apakah anda masih sering malas-malasan berolahraga? Hati-hati dengan kebiasaan anda tersebut. Karena dengan jarang berolahraga, tubuh anda akan jauh lebih rentan terserang penyakit terutama penyakit diabetes.

Karena kurang berolahraga akan meningkatkan potensi anda untuk mengalami obesitas. Obesitas adalah masalah yang paling berpengaruh dalam kemunculan penyakit diabetes melitus.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Diabetes?

Jika anda ingin mencegah penyakit diabetes melitus, awali dengan menghindari semua faktor penyebab kadar gula darah tinggi. Karena jika kadar gula darah anda sering meningkat, maka anda akan semakin berpotensi untuk menderita penyakit diabet.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak lupa melakukan beberapa kebiasaan baik berikut ini:

  • Kurangi konsumsi gula pasir dan gantilah dengan gula yang aman seperti gula aren dan juga gula stevia.
  • Atur waktu untuk bisa rutin melakukan olahraga. Karena olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan antibodi tubuh dan juga meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Istirahatlah sekurang-kurangnya 6 jam dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi dari setiap organ yang ada di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *