Gejala Penyakit Diabetes yang Sebaiknya Anda Waspadai

Penyakit diabetes atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan sebuah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah pada tubuh seseorang. Apabila seseorang terkena penyakit ini, maka ia tidak bisa disembuhkan karena pada sadarnya sifat dari penyakit diabetes adalah menetap dan tak bisa disembuhkan. Meskipun demikian, gula darah pada tubuh penderita bisa dikontrol dengan cara menurunkan gula darah agar tak membahayakan kesehatan.

Gula darah yang meningkat dapat membahayakan kondisi penderita, karena bisa berlanjut ke penyakit yang lebih serius seperti jatung, gagal ginjal, hingga komplikasi. Komplikasi merupakan sebauh penyakit paling kronis yang ditakutkan akibat diabetes.

Penyebab Diabetes

gejala diabetesPenyebab utama dari penaykit diabetes adalah kurangnya insulin yang merupakan zat yang digunakan untuk mengubah glukosa dalam tubuh yang diperoleh melalui makanan menjadi energi. Kurangnya insulin ini menyebabkan tubuh menjadi lemas dan letih karena kekurangan tenaga.

Sayangnya, penambahan makanan pun tak bisa menolong untuk memberikan ekstra energi, sebaliknya makanan tersebut malah menambah kadar gula dalam darah yang berakibat penimbunan kadar gula. Keadaan ini disebut dengan hiperglikemia.

Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya Anda mulai melakukan pemeriksaan gula dalam darah agar tak mengalami penumpukan gula yang berlebihan. Selain itu, tanda-tanda umum dari penyakit diabetes pun sebaiknya sudah dketahui untuk mencegah terjadinya diabetes sejak dini.

Gejala Diabetes Melitus (tipe 1)

Gejala umum dari penyakit diabetes adalah lelah, letih, dan mudah mengantuk. Selain itu, terdapat tanda atau gejala yang lebih khusus yang sebaiknya Anda waspadai sebagai gejala diabetes mellitus atau diabetes tipe 1 .

1. Sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang tidak wajar bisa jadi merupakan gejala dari penyakit diabetes mellitus. Hal ini terjadi karena ginjal melakukan pembersihan pada glukosa berlebih yang tedapat pada ginjal. Anda sebaiknya patut curiga jika sering mengalami buang air kecil diluar dari frekuensi biasanya.

2. Merasa haus atau lapar

Penderita diabetes mellitus juga akan mengalami keadaan dimana dirinya sering merasa haus dan lapar. Baru berapa jam makan saja, sudah terasa lapar. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproses glukosa menjadi energi dengan sempurna. Alhasil, penderita akan sering mengalami kehausan atau kelaparan.

3. Mudah lelah

Hal ini wajar terjadi pada penderita diabetes mellitus karena energi tidak dapat dihasilkan oleh tubuh dengan baik. Waspadalah jika Anda sering merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas berat sekalipun.

4. Berat badan menurun

Penderita diabetes mellitus juga mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal ini terjadi karena glukosa tidak dapat dipecah menjadi energi dan lemak. Jadi meskipun sudah banyak makan sekalipun, tubuh tetap kurus dan berat badan cenderung turun.

Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe kedua merupakan diabetes yang paling sering terjadi pada penderita. Ciri-cirinya antara lain:

1. Berat badan terus menerus turun

Ciri pertama dari diabetes tipe kedua adalah terjadi penurunan berat badan yang terus menerus. Hal ini terjadi karena pankreas yagn tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan resistensi insulin. Lama kelamaan tubuh akan mencari sumber energi lain yaitu lemak dan otot, hal inilah yang mengakibatkan berat badan penderita diabetes berangsur turun.

2. Sering kesemutan

Sering kesemutan juga merupakan tanda dari penyakit diantes tipe kedua. Gejala yang ini terjadi karena pembuluh darah mulai rusak sehingga peredaran darah tidak lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *