Berbahayakah Hipoglikemia Pada Diabetes Melitus?

Hipoglikemia pada diabetes melitus bisa dikatakan sebagai sebuah malapetaka. Sebaiknya, jangan sampai anda mengalami masalah ini. Karena akibat yang ditimbulkan oleh masalah ini bisa sangat fatal.

Hipoglikemia memang adalah masalah yang muncul karena terjadi penurunan kadar gula darah yang cukup drastis. Penurunan kadar gula darah di dalam tubuh juga merupakan satu masalah besar bagi penderita penyakit diabetes melitus.

Bila saat ini anda masih beranggapan bahwa hipoglikemia pada diabetes melitus bukanlah suatu masalah yang besar, maka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu penjelasan mengenai masalah tersebut di sini.

Mengapa Hipoglikemia Pada Diabetes Melitus Begitu Berbahaya dan Apa Penyebabnya

Hipoglikemia pada diabetes melitus sangatlah berbahaya dan tidak bisa diremehkan begitu saja karena penderita penyakit diabetes melitus yang sampai menderita hipoglikemia bisa mengalami koma.

Cukup banyak penderita penyakit DM yang kehilangan nyawa hanya karena menyepelekan masalah hipoglikemia ini. oleh sebab itu, sebaiknya jangan sampai anda menganggap masalah ini sebagai masalah yang remeh.

Hipoglikemia sendiri bisa muncul dikarenakan berbagai macam faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab kemunculannya:

  • Kekurangan insulin di dalam tubuh

Bagi anda penderita DM tipe 1, anda wajib mendapatkan suntikan insulin setiap hari. Karena jika sampai tubuh anda mengalami kekurangan insulin, maka sudah dapat dipastikan anda akan mengalami hipoglikemia.

Pastikan juga dosis insulin yang anda suntikkan tepat karena suntikan insulin yang dosisnya kurang juga dapat memicu munculnya hipoglikemia ini.

  • Terlalu memaksakan diri dalam melakukan olahraga

Hipoglikemia Pada Diabetes MelitusOlahraga memang sangat penting terutama bagi penderita penyakit diabetes melitus. Namun ingat, jangan asal melakukan olahraga karena hal tersebut juga dapat membahayakan kesehatan anda.

Jika anda sampai salah memilih olahraga dan memaksakan diri untuk melakukan olahraga tersebut, anda berpotensi untuk mengalami hipoglikemia. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih dan juga melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan anda. Jangan coba-coba untuk memaksakan diri melebihi batasan.

Mengenal Gejala Hipoglikemia

Untuk anda yang tidak ingin mengalami masalah karena hipoglikemia pada diabetes melitus, maka sebaiknya andapun perlu mengetahui seperti apa gejalanya.

Karena semakin cepat anda mengatasi hipoglikemia, maka akan semakin kecil resiko yang harus anda tanggung. Untuk dapat mengatasi hipoglikemia secepat mungkin, maka anda harus mengetahui seperti apa gejalanya.

Inilah beberapa macam gejala yang sering dirasakan oleh penderita DM ketika mengalami hipoglikemia:

  • Tubuh terasa lemas dan mengantuk
  • Denyut jantung menjadi lebih cepat
  • Tubuh mengeluarkan keringat dingin
  • Kesadaran mulai menurun dan bahkan bisa mengalami koma jika sudah terlalu parah
  • Mual dan muntah-muntah
  • Tubuh mengalami kejang-kejang yang cukup hebat
  • Merasa sangat kelaparan

Jika anda mulai merasakan beberapa macam gejala tersebut, sebagai pertolongan pertama pastikan anda untuk meminum minuman yang manis dan juga memakan makanan yang manis. Namun sesudah itu segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan khusus untuk mengatasi hipoglikemia pada diabetes melitus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!