Pengertian Diabetes Militus dan Bahayanya Bagi Kesehatan Anda

Sudahkah anda mengetahui apa itu pengertian diabetes militus? Meskipun diabetes melitus atau kencing manis sudah dinyatakan sebagai salah satu penyakit berbahaya, namun sayangnya masih cukup sedikit orang yang benar-benar mengetahui pengertian penyakit diabetes militus tersebut.

Secara umum, penyakit kencing manis terjadi akibat kadar gula di dalam darah terlalu tinggi dan tidak terkontrol. Peningkatan kadar gula darah yang terjadi pada mereka yang sudah dinyatakan menderita penyakit DM sudah sangat sering terjadi terutama setelah makan.

Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai apa itu pengertian diabetes militus, kami sarankan anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk mempelajarinya di sini.

Apakah Benar Penderita Diabetes Militus Memiliki Air Seni yang Manis?

Banyak orang beranggapan bahwa penderita diabetes melitus pasti memiliki air seni yang rasanya manis. Memang benar bahwa air seni penderita diabetes melitus cenderung manis. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya semut yang mengerubungi air seni penderita diabetes melitus.

Namun manis atau tidaknya rasa air seni tidak bisa digunakan sebagai patokan pasti apakah seseorang sudah menderita diabetes melitus atau belum.

Jika dilihat dalam pengertian diabetes militus umum, cara paling tepat untuk memastikan seseorang menderita DM atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Pengertian Diabetes Militus dan Hubungan Antara Insulin dan Organ Pankreas

Di dalam pengertian penyakit diabetes militus sering disebutkan bahwa hubungan penyakit tersebut sangat erat dengan hormon insulin dan juga organ pankreas.

Memang benar bahwa penyakit DM memiliki hubungan yang sangat erat dengan organ pankreas dan juga hormon insulin. Hal tersebut dikarenakan hormon insulin adalah hormon yang berfungsi untuk menyalurkan glukosa yang ada di dalam darah untuk dirubah menjadi energi.

Jika hormon insulin tidak dapat bekerja akibat sudah kurang peka lagi, maka seseorang dinyatakan menderita penyakit DM tipe 2. Sedangkan bila seseorang tidak lagi dapat memproduksi hormon insulin, maka mereka dinyatakan menderita DM tipe 1.

Sedangkan hormon insulin diproduksi oleh organ pankreas. Oleh sebab itu, jika dilihat dari pengertian diabetes militus selalu erat kaitannya dengan organ pankreas dan hormon insulin.

 

Apa yang Menyebabkan Semakin Banyak Orang Menderita Penyakit Diabetes Melitus

Jika diperhatikan, semakin tahun bukan semakin berkurang angka penderita penyakit diabetes melitus. justru semakin tahun, angka penderita diabetes melitus semakin bertambah.

Apa sebenarnya yang membuat semakin banyak orang harus menderita penyakit berbahaya tersebut? jika ditilik dari pengertian diabetes militus, sebenarnya sangat wajar mengapa semakin banyak orang menderita penyakit tersebut saat ini.

Karena memang semakin banyak orang menganggap remeh penyakit DM dan tidak lagi mengontrol pola hidupnya.

Semakin banyak orang lebih memilih makanan enak dibandingkan dengan makanan yang menyehatkan. Selain itu, semakin banyak orang memiliki masalah kelebihan berat badan dan tidak tergugah untuk segera mengatasinya.

Jika keadaan masyarakat terus seperti ini, diperkirakan pada tahun 2030 nanti penderita diabetes melitus akan bertambah jumlahnya 2 kali lipat dibandingkan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!