Cara Mencegah Penyakit Diabetes Menurut Jenisnya

Taukah anda bahwa cara mencegah penyakit diabetes juga disesuaikan dengan jenisnya? Ya, penyakit diabetes melitus memang dibagi menjadi beberapa jenis menurut penyebabnya. Oleh sebab itu, cara mengatasi penyakit inipun juga berbeda-beda.

Mengetahui cara mencegah penyakit diabetes memang sangatlah penting. Karena bisa dikatakan lebih mudah mencegah penyakit ini daripada mengatasinya.

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit DM sesuai dengan tipenya, anda bisa membacanya di artikel ini.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Benar Sesuai Tipenya

Mencegah penyakit diabetes melitus memang lebih mudah. Namun demikian, cara mencegah penyakit diabetes berbeda-beda karena penyakit DM sendiri dibagi menjadi beberapa tipe.

Berikut adalah beberapa cara mencegah kemunculan penyakit diabetes melitus menurut masing-masing jenisnya:

  • Diabetes melitus tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 bisa dikatakan sebagai jenis penyakit DM yang paling berbahaya dan sulit untuk diatasi. Penyakit ini muncul dikarenakan adanya kerusakan pada organ pankreas.

Beberapa negara maju menggunakan tes DNA untuk mencegah kemunculan penyakit ini. Beberapa orang yang memiliki keturunan penderita penyakit DM tipe 1 langsung diberikan vaksin untuk mencegah terjadinya kerusakan pada organ pankreas sedini mungkin.

  • Diabetes melitus tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 merupakan jenis penyakit diabetes melitus yang paling banyak diderita. Sebenarnya, penyakit diabetes melitus jenis ini tidaklah sulit untuk dicegah. Penyebab utama kemunculan penyakit ini adalah kesalahan penggunaan gaya hidup.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 bisa dicegah dengan menjaga pola makan dan juga menjaga berat badan. Karena penyakit DM tipe 2 ini banyak menyerang orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas.

  • Diabetes gestasi

Cara Mencegah Penyakit DiabetesPenyakit diabetes melitus juga bisa menyerang wanita yang sedang mengandung. Namun penyakit DM ini tidaklah terlalu sulit untuk diatasi. Karena setelah melahirkan, kebanyakan penyakit diabetes gestasi bisa dilenyapkan dengan mudah.

Namun meskipun penyakit diabetes melitus tipe ini terlihat mudah untuk diatasi, penyakit ini juga dapat memberikan resiko yang cukup besar baik pada ibu maupun pada bayi.

Untuk mencegah jangan sampai anda menderita penyakit ini sangatlah mudah. Pastikan untuk melakukan cek kadar gula darah pada minggu ke 8 sampai minggu ke 10 masa kehamilan.

  • Diabetes lansia

Penyakit diabetes melitus memang sering sekali menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Semua itu dikarenakan organ-organ tubuh pada orang yang sudah lanjut usia mengalami penurunan fungsi.

Sebenarnya tidak sulit untuk mencegah munculnya penyakit diabetes melitus pada lansia ini. Anda hanya perlu menjaga pola makan dan mulai rutin berolahraga. Dengan begitu organ di dalam tubuhpun dapat berfungsi dengan baik kembali.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit diabetes sesuai dengan tipenya yang bisa mulai anda lakukan. Pastikan untuk melakukan pencegahan agar penyakit diabetes melitus tidak muncul karena mencegah penyakit tersebut lebih mudah daripada mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *