Tekan Diabetes Dengan Berolahraga

olahraga-bagi-diabetesiTidak sedikit penderita diabetes yang tidak memasukkan kegiatan berolahraga sebagai tindakan penyembuhan penyakit mereka. Padahal selain memperbaiki pola makan, berkonsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat-obatan, berolahraga juga penting untuk mengontrol gula darah.
Ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan. Olahraga ini sangat mudah dan bisa dilakukan setiap hari tanpa menghabiskan banyak waktu. Namun, sebelum menjelaskan jenis olahraga apa yang cocok untuk diabetes, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Persiapan Sebelum Berolahraga

Berikut hal-hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum berolahraga,

1.    Persiapan Waktu. Waktu adalah hal yang paling penting dipersiapkan. Sediakan waktu dalam sehari minimal 30 menit dan maksimal satu jam untuk melakukan gerakan olahraga. Sebaiknya satu jam setelah makan karena pada saat itu gula darah tidak melonjak tinggi dan tidak pula rendah.

2.    Persiapan tempat. Bila Anda tidak bisa berolahraga di luar seperti di lapangan atau taman, persiapkanlah sebuah ruangan di dalam rumah atau di halaman rumah yang nyaman dipakai berolahraga. Tempat ini sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang lancar.

3.    Ukur kadar gula darah. Pada saat Anda mengalami gejala hipoglikemia atau kadar gula darah rendah sebaiknya jangan melakukan olahraga. Hal ini bisa ditandai dengan gejala seperti berkeringat dingin dan pusing. Cara mengatasinya dengan segera mengkonsumsi karbohidrat sederhana / Herbal Dm yang cepat menaikkan kadar gula darah. Atau mengkonsumsi makanan manis seperti permen, teh manis, atau jus buah. Setelah itu, periksa kondisi Anda. Apabila gejala hipoglikemi ini masih berlanjut, segera lakukan penyembuhan sesuai anjuran dokter.

Jenis Olahraga yang Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes

Satu hal yang harus diingat bila akan berolahraga adalah, tubuh Anda tidak boleh kekurangan cairan. Jadi sebelum mulai berolahraga, minumlah air yang cukup. Minum air sebaiknya dilakukan sejam sebelum berolahraga agar perut tidak terasa kembung.

Tidak perlu khawatir, olahraga akan menaikkan gula darah Anda karena telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga yang tepat dan teratur justru bisa mengontrol gula darah.

Bila Anda termasuk orang yang tidak punya waktu berolahraga, usahakan dalam sehari melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki. Jalan kaki minimal 30 menit sehari untuk membakar lemak dan mencegah penumpukan glukosa sehingga gula darah kembali normal.

Berikut jenis olahraga yang cocok bagi penderita diabetes:

1. Senam / Aerobik

Aerobik atau senam sudah dikenal sebagai jenis olahraga yang dapat membuat jantung sehat dan tulang kuat. Selain itu juga ampuh mengurangi stres dan melancarkan aliran darah. Aerobik ternyata mampu menurunkan resiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Lakukan latihan senam atau aerobik ini selama minimal 30 menit setiap hari.

2. Angkat beban

Latihan angkat beban dengan berat beban yang disesuaikan dengan kemampuan. Fungsinya untuk  membantu meningkatkan kekuatan tulang dan menambah massa otot. Manfaat lain dari angkat beban adalah dapat membakar lemak di area lengan, perut dan paha, serta menjaga menjaga kepadatan tulang. Lakukan olahraga ini tiga kali dalam seminggu.

3. Peregangan

Peregangan sangat baik untuk mencegah kram otot dan kesemutan yang merupakan gejala tekanan darah naik. Olahraga peregangan yang bisa dicoba adalah yoga. Gerakan yoga dapat memperlancar aliran darah, mengurangi stress dan mengontrol gula darah.

Setelah melakukan salah satu atau semua gerakan di atas, maka cek kembali kadar gula darah Anda. Pengecekan ini bisa dilakukan berselang 10-20 menit setelah berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *